Hari Ini:

Jumat 21 Sep 2018

Jam Buka Toko:

Jam 08.00 s/d 20.00 WIB

SMS/Telpon:

0878 3955 4224
0856 4303 0860

Whatsapp:

0888 0281 0820

BB Messenger:

D33D3633

Email:

ragamjogja@gmail.com

Tips&Trik : Bagaimana Membedakan Jenis-jenis Batik Tulis, Batik Cap dan Batik Printing?

30 November 2016 - Kategori Blog

Saat ini, bisa dikatakan bahwa Batik sudah menjadi pakaian kebanggaan seluruh masyarakat Indonesia. Bagaimana tidak, Batik  sudah diakui sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) pada 2 Oktober 2009 oleh UNESCO. Pemerintah Indonesia sendiri akhirnya menetapka tanggal 2 Oktober sebagai Hari Batik Nasional. Pada tanggal itu, biasanya instansi Pemerintah dan Swasta mewajibkan pegawai dan karyawannya untuk menggunakan Batik. Pengakuan terhadap Batik merupakan pengakuan Internasional terhadap budaya Indonesia yang kita cintai. Karena itu kita sebagai bangsa Indonesia wajib menjaga dan melestarikan Batik dengan sebaik-baiknya.

Bapak Presiden Jokowi dan Kabinet Ayo Kerja Bangga Menggunakan Batik

Bangga Menggunakan Batik

Mengenal jenis-jenis Batik dan cirinya akan menjadikan kita untuk lebih mudah dalam menjaga dengan baik dan mengetahui bagaimana seharusnya ‘memperlakukan’ Batik itu sendiri.

Jenis-jenis Batik berdasarkan cara pembuatannya dibedakan menjadi 3, yaitu :

1. Batik Tulis.

Batik Tulis merupakan jenis batik yang paling mahal jika dilihat dari harganya. Karena pembuatan Batik Tulis ini dilakukan secara manual dengan Canting yaitu sebuah alat tradisional yang dipakai untuk mengambil malam yang sudah dicairan untuk membuat pola pada batik sebelum dilakuan pewarnaan.
Selain Canting alat lain yang dibutuhkan untuk membuat Batik Tulis diantaranya adalah Pewarna, kain mori, lilin/wajan, wajan, kompor dan lain sebainya. Selain dibuat secara manual yang tentu saja akan membuat waktu pengerjaan menjadi lebih lama, bisa mencapai 1 bulan lebih, hal lain yang menyebabkan harga Batik Tulis tinggi karena motif pada Batik Tulis biasanya ‘eksklusif’, jika pun ada yang kelihatan ‘sama’, itu hanya mirip saja. Dan pola yang dibuat dilukis titik demi titik dengan Canting. Bahan yang digunakan untuk membuat Batik Tulis bisa dari kain katun, kain mori, atau kain sutra. Kain mori yang digunakannya pun adalah kain mori dengan kualitas bagus, karena prinsip pengrajin jika kain yang digunakan biasa saja, maka istilahnya ’eman-eman/sayang’ tidak sebanding dengan pengeluaran untuk membuat sepotong kain Batik Tulis. Harga batik tulis paling mahal karena untuk mengerjakan selembar kain batik bisa menghabiskan waktu lebih dari 1 bulan.

proses membuat batik tulis

Proses Pembuatan Batik Tulis

Corak atau motif pada Batik Tulis biasanya kurang rapi, karena dikerjakan secara manual. Walaupun dalam pembuatannya antara motif yang satu dan yang lain terkadang tidak sama, namun motif dan warna antara kain bagian depan dan belakang terlihat jelas. Batik Tulis memiliki bau wangi yang khas karena proses pembuatan batiknya (pembatikan) menggunakan lilin khusus.

2. Batik Cap
Batik Cap merupakan jenis batik tingkat ‘menengah’, karena harganya tidak begitu mahal jika dibandingkan dengan Batik Tulis. Pembuatan Batik Cap menggunakan alat cap atau stempel yang telah terpola batik. Stempel tersebut dicelupkan ke dalam lilin panas, kemudian ditekan atau dicapkan pada kain. Proses ini memakan waktu yang lebih cepat dibanding pada proses Batik Tulis,  dengan sekali tekan anda dapat menyelesaikannya.

proses-pembuatan-batik-cap

Proses Pembuatan Batik Cap

 

Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk bisa membedakan Batik Tulis dan Batik Cap. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan melihat ciri-ciri Batik Cap secara umum, yaitu sangat terlihat jelas pada pengulangan pola terus menerus yang banyak dan seragam. Ukuran garis atau gambar yang dihasilkan sama dan biasanya jauh lebih besar dibandingkan dengan Batik Tulis. Selain itu, karena Batik Cap merupakan batik yang dibuat menggunakan alat, maka jelas kedetailan dari motifnya sangat terbatas. Kemudian warna dasar yang terdapat pada batik cap biasanya akan terlihat lebih tua dari pada warna yang ada di motifnya karena pada Batik Cap tidak ada penutupan bagian yang tidak terkena motif dan warna Batik Cap terlihat lebih mengkilap dibanding Batik Tulis.

 

 

3. Batik

 

, , , ,

Hallo Kak...terima kasih sudah berkunjung. Ada yang bisa kami bantu?