Hari Ini:

Kamis 16 Aug 2018

Jam Buka Toko:

Jam 08.00 s/d 20.00 WIB

SMS/Telpon:

0878 3955 4224
0856 4303 0860

Whatsapp:

0888 0281 0820

BB Messenger:

D33D3633

Email:

ragamjogja@gmail.com

Sejarah Batik Pekalongan yang Harus Kalian Tau!

07 March 2018 - Kategori Blog

Hai, Sahabat Ragam Jogja!

Image result for kota pekalongan

Pastinya sahabat Ragam Jogja tahu Kota Pekalongan. Kota yang berada di Provinsi Jawa Tengah yang satu ini dijuluki dengan sebutan Kota Batik (World City of Batik), karena memang di Kota Pekalongan lah tempat produksi Batik yang pertama dan terbesar di Indonesia. Kualitas produk batik Pekalongan sangatlah bagus, tidak hanya di ranah lokal saja, tetapi di kancah internasional telah mengakui kualitas terbaik batik Pekalongan.

 

Sahabat Ragam Jogja,

Batik Pekalongan sesuai dengan namanya, merupakan salah satu jenis batik yang dibuat oleh masyarakat Pekalongan. Para Perajin batik Pekalongan mayoritas tinggal di wilayah pesisir utara pulau Jawa. Hal tersebut membuat batik Pekalongan juga biasa disebut dengan batik pesisir.

Image result for batik pekalongan

Sahabat Ragam Jogja tahu tidak sejarah Batik di kota Pekalongan sendiri? Awalnya siapa yang mencetus batik di Indonesia? Bagaimana batik Pekalongan bisa bersaing di kancah Internasional?

Image result for batik pekalongan

Sejarah batik Pekalongan mencatat bahwa terdapat faktor pengaruh kebudayaan dari masyarakat sekitar yang selalu berubah-ubah dan saling meniru pada awalnya sehingga menimbulkan kreativitas para perajin batik pekalongan untuk selalu membuat motif batik pekalongan baru. Batik pekalongan menjadi lebih berkembang setelah pengusaha batik belanda bernama Eliza Van Zuylen membangun sebuah workshop atau seminar praktek di Pekalongan. Berdasarkan arahan pengusaha tersebut maka motif batik pekalongan yang baru juga berhasil diciptakan oleh para perajin batik pekalongan yang khusus membuat motif batik pekalongan terbaru untuk dijual kepada pengusaha batik tersebut. Eliza Van Zuylen juga merupakan salah satu orang yang memiliki peran besar atas kemunculan motif-motif baru dari batik Pekalongan. Melalui tangan pengusaha ini batik pekalongan mampu menembus pangsa pasar Eropa dimana para pembeli batik van zuylen rata-rata para bangsawan eropa, juga mengunggah kepopuleran van zuylen sendiri di eropa dalam rentang waktu antara tahun 1923 hingga akhir tahun 1946. Pengusaha ini sangat terkenal dengan produk batiknya unggul akan kehalusan kain dengan motif batik tumbuh-tumbuhan hingga sampai dengan saat ini lebih dikenal sebagai ciri khas motif batik Pekalongan, di samping motif jlamprang.

Dan sampai sekarang, Batik Pekalongan masih menjadi batik terbaik di Indonesia, karena Batik Pekalongan memiliki keunggulan tersendiri jika dibandingkan dengan produk kain batik daerah lain yaitu dari segi pewarnaan yang cenderung lebih cerah dan atraktif.

Jika Sahabat Ragam Jogja ingin mengetahui lebih banyak mengenai Batik Pekalongan, silahkan berliburan di Kota Pekalongan untuk mendapatkan sensasi berbelanja batik khas Pekalongan yang menyenangkan!

Namun, kini batik pekalongan sudah dijual diberbagai daerah di Indonesia dan di luar negeri, loh! Tidak hanya di toko-toko batik konvensional saja, di online juga banyak sekali online shop yang menjual batik pekalongan, salah satunya di RagamJogja.com!

Bagi sahabat Ragam Jogja yang ingin membeli pakaian khas batik terbaru dengan motif khas Yogyakarta, bisa banget order di ragamjogja.com . Ragamjogja.com adalah salah satu toko online ecer dan grosir yang menjual beragam fashion batik Solo & Jogja berkualitas! So, jangan lupa mampir ke website ragamjogja.com ya sis! Atau di marketplace kami di :

Bukalapak : www.bukalapak.com/ragamjogja

Tokopedia : www.tokopedia.com/ragamjogja

Shopee : www.shopee.co.id/ragamjogja

Jika ingin tanya-tanya, bisa nih langsung aja kontak kami di :

WhatsApp : 087839554224

Email : ragamjogja@gmail.com

Semoga bermanfaat dan Happy Shopping, Sahabat Ragam Jogja!

, , , , , , , , , , , , , , ,

Hallo Kak...terima kasih sudah berkunjung. Ada yang bisa kami bantu?